Jumat, 09 Mei 2014

Samsung Galaxy Note 3 Neo SM N750, Desain Tidak Berubah, Harga Lebih Murah



Tiga generasi Galaxy Note tentu cukup buat jadi bukti kesuksesanSamsung dalam menjual phablet. Untuk menggandakan keuntungan, meluncurkan phablet berdesain sama dengan harga lebih terjangkau adalah langkah yang dipilih Samsung. Errr… sebenarnya sih tidak begitu terjangkau, tapi minimal lebih murah lah. Apa saja yang berubah dan apa saja yang dikorbankan di Note Neo ini?
Desain
Dimensi: 148.4 x 77.4 x 8.6 mm; Bobot: 162.5 g
Mengusung material plastik, Note Neo punya desain klasik Note dengan gaya yang tidak jauh berbeda dengan versi original. Dengan dimensi yang dimiliki, Note Neo lebih pendek 3.5mm serta lebih sempit 2mm jika dibandingkan dengan Note 3. Sama seperti seri Note,Samsung juga membekali Note Neo dengan stylus pen yang diselipkan dibagian bawah bodi.
Sementara untuk memberikan kesan elegan, Samsung juga mempertahankan keberadaan backcover beraksen kulit lengkap dengan jahitan ditepiannya. Dengan membuka bagian belakangnya, Anda dapat menemukan slot kartu micro SIM yang berdampingan dengan kartu microSD.
Diruas atas Note Neo bertengger port audio 3.5mm yang berdampingan dengan lubang mikrofon serta port infra merah. Sementara pada sisi kanan terdapat tombol power. Sedangkan di bagian kiri tersemat tombol pengatur volume. Dibawah layar luasnya terdapat tombol home yang diapit tombol menu dan back. Sensor proximity dan ambient light juga dapat Anda temui diatas layar.
Hardware
Quad-core 1.3 GHz Cortex A7 & dual-core 1.7 GHz Cortex A15; GPU: Mali-T624; 2GB RAM, 16GB (11GB user available)built-in storage, MicroSD up to 64GB
Untuk menyokong kinerjanya, Samsung menggunakan prosesor hexa core dengan arsitektur BIG.LITTLE. Dengan chipset Exynos 5260, Note Neo punya dua buah core berkecepatan 1.7Ghz dan empat buah core dengan kecepatan masing-masing 1.3GHz. Berbeda dengan seri Exynos sebelumnya, keenam core CPU yang dipakai Note Neo sanggup dipacu secara bersamaan.
Untuk menunjang kinerjanya digunakan RAM sebesar 2GB yang dipadu dengan memori internal 16GB. Pemrosesan grafis Note Neo menggunakan GPU Mali T624. Dengan resolusi yang berada pada kisaran 720p, beban grafis yang harus disandang tentu tak seberat beban yang harus dipikul oleh Galaxy Note versi original.

Pengukuran kinerja dengan Antutu menghasilkan angka 30701 yang membuatnya berada diatas Samsung Galaxy S4 dan tepat dibawah LG G2. Sedangkan saat diuji dengan Quadrant berhasil mengukir skor 12060 yang menempatkannya di ranking paling atas.
Layar
5.5” Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors 720 x 1280 pixels resolution (267 ppi); 16M colors.
Menggunakan layar Super AMOLED berdiagonal 5,5 inci, Note Neo mengusung resolusi HD 720p. Dengan demikian Note Neo sanggup sajikan kerapatan piksel pada kisaran angka 267ppi. Soal ketajaman, kontras dan saturasi tentu tidak diragukan lagi meski dari resolusi mengalami penurunan dari versi original.
Jika Anda kurang puas dengan saturasi yang disuguhkan, Samsung sudah menyediakan empat pilihan penyesuaian yang memungkinkan pengguna mendapatkan level yang diinginkan. Ketika Anda mengeluarkan S-Pen dari tempatnya, sebuah shortcut secara otomatis akan muncul yang memungkinkan pengguna dalam menjalankan beberapa aplikasi unggulan yang disertakan.

Penggunaan dibawah terik sinar matahari cukup memuaskan berkat level pantulan yang rendah serta pengaturan auto brightness yang responsif. Layar milik Note Neo juga sanggup menerima sentuhan 10 jari sekaligus, selain dapat dipakai untuk melukis menggunakan S-Pen yang disertakan.
Interface dan OS
Android 4.3 Jelly Bean TouchWiz UI
Meski keluar belakangan, Note Neo ternyata masih mengusung sistem operasi Android Jelly Bean 4.3. Samsung sendiri telah menjanjikan kehadiran update KitKat yang akan segera digulirkan dalam waktu dekat. Dipadu dengan antarmuka TouchWiz, Note Neo punya lockscreen yang sudah mendukung widget yang sanggup pula menampilkan gambar wallpaper ataupun live wallpaper. Lockscreen pada Note Neo juga mendukung multipanel yang masing-masing berisi sebuah widget dengan fungsi yang beragam.
Masih dalam posisi lockscreen, pengguna juga bisa menambahkan lima shortcut serta menuliskan pesan personal dalam berbagai font dan pilihan warna.

Beralih ke area notifikasi, Anda akan menjumpai berbagai macam shortcut ke setting perangkat yang dapat Anda edit kemudian. Samsung juga menyematkan shortcut khusus yang berfungsi untuk mengaktifkan fitur multiwindows merupakan fitur kunci dari phablet besutan vendor Korea ini.

Masuk ke homescreen, Note Neo punya tampilan yang serupa dengan tampilan homescreen Samsung Galaxy Note versi original. Anda juga dapat menemukan widget khas Samsung seperti Samsung Hub, S Travel dan sebagainya.
Kamera dan Video
8 MP camera (3264 x 2448 pixels) autofokus dan LED flash; 2.0MP Kamera depan
Untuk mendukung pengabadian gambar, Note Neo menggunakan kamera 8MP autofokus pada bagian belakang dan kamera sebesar 1,9MP pada bagian depan. Dengan kamera belakang, Anda dapat mengambil gambar dengan aspek rasio 4:3. Didalamnya juga sudah dilengkapi dengan beragam mode mulai dari auto, HDR, best photo, best face, eraser dan sebagainya.
Untuk memotret selain menggunakan tombol virtual, pengguna juga dapat mengatur tombol volume sebagai tombol shutter. Samsung juga membekali Note Neo dengan beragam efek warna yang ditunjang dengan preview tampilan. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak efek, dengan memilih tombol download yang disediakan.
Dengan ragam setting yang ada, Anda dapat mengambil gambar dengan kualitas yang bagus sesuai dengan lingkungan tempat gambar tersebut diambil. Foto yang dihasilkan juga dapat dinamakan sesuai lokasi pengambilan berkat adanya integrasi GPS didalamnya.

Sedangkan untuk mengabadikan acara, Anda dapat merekam video dengan resolusi full HD 1080p dengan framerate 30fps. Hasil rekam disimpan dalam format mp4 dengan ukuran 22MB untuk durasi pengambilan 10 detik. Anda juga dapat memotret foto saat sedang melakukan pengambilan video.
Multimedia
Audioplayer, video player, audio recorder
Dengan banderol harga yang cukup tinggi, Samsung siap memanjakan telinga pengguna dengan pemutar musik yang dibekali dengan beragam efek serta equalizer yang disesuaikan dengan lingkungan serta genre lagu yang diputar. Lagu yang ada kemudian dapat dikategorikan menurut judul, artis, album, playlist dan juga folder. Fitur Music square yang tersemat juga akan mengelompokkan lagu kedalam kategori exciting, joyful, passionate dan calm dalam sebuah diagram kotak yang menarik. Sayang sekali dengan fitur yang demikian lengkap, ternyata Samsung tidak membekali Note Neo dengan penerima siaran radio FM.

Beralih pada pemutar video, Anda dapat menonton video dalam beragam format populer dengan resolusi maksimal full HD 1080p. Anda juga dapat memilih file subtitle saat ingin menonton film asing dengan mudah. Fitur pop up play dan live video thumbnails juga dapat Anda nikmati disini. Anda juga dapat melihat preview dari frame video dengan meletakkan jari diatas timescroll yang sedang berjalan.
Internet dan Konektivitas
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 900 / 1900 / 2100, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0 with A2DP, MicroUSB, DLNA, NFC
Dengan layar selebar 5,5 inci, pengguna dapat menggunakan Note Neo untuk menjelajah web dengan sederet fasilitas koneksi yang lengkap mulai dari 2G, 3G hingga HSPA+Dual Carrier berkecepatan maksimal 42Mbps. Bila Anda ingin menjelajah dunia maya, browser bawaan dan Chrome sudah disiapkan oleh Samsung agar Anda dapat membuka halaman dengan tampilan yang bisa Anda atur sesuai selera.

Sisi konektivitas juga mendapat perhatian dengan adanya Bluetooth, NFC dan Wi-Fi Direct. Dengan Android Beam Anda kini dapat dengan mudah bertukar data cukup dengan menyentuhkan kedua perangkat secara bertolak belakang. Sementara untuk kebutuhan bermain game serta menonton film, Miracast dan Wi-Fi direct dapat Anda manfaatkan utuk mentransfer gambar ke layar yang lebih lebar seperti TV HD yang kemudian dapat Anda nikmati bersama di ruang keluarga.
Fitur Unggulan
Group Play, Samsung Link, S Translator, TripAdvisor App,
Samsung membekali Note Neo dengan beberapa aplikasi yang sebelumnya juga sudah terdapat pada seri Galaxy lainnya. Salah satu fitur menarik yang patut dicoba adalah Group Play yang memungkinkan Anda berbagi gambar dan dokumen termasuk memberi highlight pada gambar yang dibagikan. Anda juga dapat bermain game multiplayer menggunakan Group Play.

Berikutnya adalah fitur gesture seperti Smart Stay, Smart Scroll, Smart Pause dan sebagainya. Dengan lubang infra merah, Anda juga dapat memanfaatkan Note Neo sebagai pengganti remote control perangkat elektronik.

Sedangkan untuk menemani S-Pen yang disertakan, Samsung juga menyediakan segudang aplikasi yang terangkum dalam sebuah air command yang berisi lima shortcut ke Action Memo, Scrap Booker, Screen Write, S Finder dan Pen Window.
- Action Memo memungkinkan pengguna menulis pada layar serta memberikan perintah untuk menjalankan aplikasi. Anda dapat menyimpan nomor kontak atau mencari alamat dengan menandai tulisan tersebut serta mengirimkannya kepada aplikasi yang mendukung.
- Scrap Booker adalah aplikasi yang akan secara otomatis mengekstrak teks dan gambar dari sebuah screenshot yang ditandai untuk kemudian disimpan dalam kategori tertentu.
- Screen Write merupakan aplikasi quick memo yang memungkinkan pengguna menuliskan teks dibagian layar manapun serta menyimpannya saat Anda membutuhkannya untuk mencatat sesuatu.
- S Finder adalah aplikasi yang memberi kemudahan bagi Anda dalam mencari konten yang disimpan didalam perangkat Note Neo.
- Pen Window memungkinkan Anda untuk membuka sebuah jendelakecil aplikasi cukup dengan menggambarkan sebuah garis. Dengan menggambar sebuah persegi panjang, pengguna dapat membuka kalkulator secara bersamaan ketika Anda sedang membuka browser misalnya.

(sumber : Galing Kusumojati )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment di sini...