Kamis, 08 Mei 2014

Lenovo K910 Vibe Z, Dipersenjatai Fitur Bawaan Ala Galaxy


Selain bermain di kelas bawah, vendor sekelas Lenovo tak segan bermain di kelas lebih atas. Mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 sebagai dapur pacu, Lenovo juga siap bersaing dengan vendor kelas atas dengan melepas Vibe Z. Simak fitur-fitur menarik yang menyerupai fitur produk Korea dan performa-nya dalam tulisan singkat ini.
Desain
Dimensi: 149.1 x 77 x 7.9 mm; Berat: 145.2gr;
Masuk dalam jajaran seri K, Lenovo menyiapkan ponsel dengan performa gahar untuk pengguna kelas atas. Mengikuti tren pasar smartphone yang mengusung layar kian lebar,Vibe Z juga hadir dengan bentang layar 5,5 inci.
Berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan material metal aluminium, Vibe Z datang dengan material plastic unibody berwarna silver di bagian belakang.
Disisi kanan Lenovo menyematkan slot kartu micro SIM yang dapat dibuka menggunakan SIM Ejector yang sudah disediakan dalam paket penjualan. Sedangkan pada ruas kiri terdapat tombol pengatur volume. Bagian atas dihuni oleh port audio dan tombol power. Sementara pada bodi bagian bawah dilengkapi dengan port micro USB untuk sambungan data serta charger.

Lubang kamera dan lampu kilat diletakkan dalam satu frame pada sudut kiri ponsel, sedangkan  lubang speaker duduk manis dibagian bawah.
Layar
Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 1080 x 1920 pixels, 5.5 inches (~401 ppi pixel density); Multitouch;
Berbekal layar IPS LCD  berdiagonal 5.5 inci, Lenovo siap memanjakan mata pengguna dengan layar beresolusi 1080p full HD yang dimilikinya. Anda tak perlu cemas layar Vibe Ztergores karena Lenovo sudah melapisinya dengan kaca antigores Gorill Glass generasi ketiga. Dengan teknologi kapasitif multitouch, layar Vibe Z sanggup menerima input sentuh hingga 10 titik jari.

Dibawah layar Vibe Z terdapat tiga tombol sentuh sensitif yang meliputi menu, home dan back. Untuk menggunakan Google Now, silakan tahan tombol home beberapa saat. Meski punya tingkat kecerahan yang tinggi, kala dipakai diluar ruangan layarnya memantulkan sinar matahari yang cukup mengganggu.
Interface dan OS
Android Jelly Bean 4.3 Lenovo Launcher.
Berbekal OS Android Jelly bean 4.3,  antarmuka Vibe Z menyediakan banyak pilihan kustomisasi. Anda dapat memilih 8 tema unik yang mengusung ikon menu yang beragam. Masing-masing tema juga menyediakan pilihan kustomisasi mulai dari lock screen, system UI dan sebagainya. Meski begitu bila dibandingkan dengan antarmuka ponsel flagships vendor lain, tampilan milik Vibe Z terkesan kurang mewah.
Selain segi tampilan yang dirombak, Lenovo juga membekali Vibe Z dengan fitur panggilan seperti Smart Answer yang memungkinkan ponsel untuk otomatis menjawab panggilan masuk begitu ponsel didekatkan ke telinga. Sementara dengan mengaktifkan Smart Call, Anda juga dapat melakukan panggilan kepada pengirim sms cukup dengan mendekatkan ponsel ke telinga.

Lenovo juga membenamkan fitur Smart Standby yang punya fungsi mirip Smart Stay pada ponsel Samsung. Sedangkan Smart Sleep akan secara otomatis mematikan layar bila ponsel diletakkan dalam posisi tengkurap. Fitur Multi Windows juga turut disertakan agar pengguna dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.
Hardware
chipset: Qualcomm Snapdragon 800, Quad-core 2.2 GHz Krait 400, GPU: Adreno 330; RAM 1GB, Storage 16GB (11.84GB User Available) Accelerometer, proximity, compass;
Dengan prosesor quad core berkecepatan 2,2GHz Qualcomm Snapdragon 800, Vibe Z siap berikan performa yang mulus bebas jeda. Untuk mendukung proses grafisnya, Adreno 330 telah pula disiapkan oleh Lenovo. Untuk menyokong kinerjanya dalam menjalankan multitasking, Lenovo juga sudah dibekali dengan RAM sebesar 2GB. Dengan baterai 3000mAh serta ruang simpan 16GB tanpa slot microSD, Vibe Z terasa inferior bila dibandingkan produk kompetitor.

Pengukuran kenerja Vibe Z dengan Antutu Benchmark menghasilkan poin sebesar 33625 yang menempatkannya diperingkat ketiga sesudah Galaxy Note 3 dan Xperia Z Ultra. Sedangkan tes kinerja dengan Quadrant Standard mengumpulkan skor 19697 yang membuatnya berada di ranking teratas.

Sementara untuk kinerja grafisnya, Vibe Z dapat dipacu hingga kecepatan 60fps. Kecepatan pemrosesan tersebut sangat memungkinkan bagi Vibe Z untuk menjalankan game 3D, mengedit foto dan video dengan lebih cepat tanpa ada kendala yang berarti.
Multimedia
Video: AVI, MP4, MKV, 3GP,
Audio: AAC, M4A, MP3, OGG, FLAC, WAV;
Untuk memainkan video, Anda dapat masuk ke galeri atau menggunakan video player bawaan. Anda dapat memutar video dalam beragam format populer hingga resolusi 1080p. Pemutar videonya mendukung multiwindows serta dapat menangkap screen capture.

Beralih ke pemutar musik, Play Music yang disematkannya sanggup memperdengarkan lagu dalam beragam format populer lengkap dengan 11 pilihan equalizer didalamnya. Untuk mendengarkan efek Bass dan 3D, pengguna harus mencolokkan earset terlebih dulu. Anda juga dapat mendengarkan siaran radio FM dengan menggunakan earset yang disertakan.
Kamera
Kamera (utama) 13MP, 4160 x 3120 pixels autofocus, Dual LED flash, (sekunder) 5.0MP ; Geo-tagging, face detection, video: 1080p@30fps, LED video light; MP4/H.264/H.263/WMV/DviX player
Lenovo membekali kamera Vibe Z dengan setting yang lengkap dalam tiga kategori masing-masing basic, advanced dan others. Untuk kategori dasar, pengguna dapat mengatur scene, efek, kualitas gambar, lampu kilat serta memilih resolusi. Sementara untuk kategori advanced memungkinkan pengguna untuk mengota-atik ISO, white balance dan stroscopic. Sedangkan untuk setting lain, Anda dapat mengatur lokasi GPS, fokus, animasi dan bunyi shutter.

Selain ketiga setting diatas, pengguna juga dapat memberikan sentuhan special effect yang terbagi dalam kategori Lens Effect, Magic Effect dan Color Effect. Pengguna juga dapat memilih pemotretan malam, burst, panorama, low light atau HDR.
Untuk pengambilan gambar didalam ruangan, LED Flash yang dimilikinya memastikan gambar yang dihasilkan tampak lebih terang. Agar pemotretan di lingkungan bercahaya kurang makin optimal hasilnya, Lenovo membekali kamera 13 megapiksel miliknya dengan lensa berukuran aperture 1.8.

Sementara untuk selfie, Lenovo menyematkan kamera 5 megapiksel dibagian depan dengan sudut pengambilan selebar 84 derajat. Pengguna juga dapat mengedit serta menambahkan ragam efek serta filter pada foto menggunakan tool bawaan dari Lenovo.

Sedangkan untuk merekam video, Vibe Z sanggup merekam gambar dengan resolusi maksimal 1080p. Gambar hasil rekaman yang disimpan dalam format mp4 memiliki ukuran file sebesar 146MB untuk durasi satu menit. Dengan ukuran file yang begitu besar, pengguna disarankan untuk memeriksa sisa memori lebih dulu sebelum merekam video.
Internet dan Koneksi
Browser & Data: GPRS/EDGE, HTML5, Adobe Flash; Speed: HSDPA, 42 Mbps; HSUPA; LTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL; Koneksi: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, Bluetooth with A2DP, microUSB v2.0; A-GPS support;
Dengan dukungan koneksi yang lengkap dari Wi-Fi hingga 3G HSDPA, Anda dapat menjelajah dunia maya dengan kecepatan hingga 42Mbps. Meski sudah mendukung koneksi 4G LTE, pengguna di tanah air tentu harus bersabar dulu menanti jaringan LTE hadir di Indonesia. Browser bawaan Vibe Z dapat membuka 16 halaman multitabs. Anda juga dapat menggunakan UC Browser dan Chrome untuk menjelah dunia maya.

Beralih ke konektifitas, Vibe Z sudah disertai dengan kabel data dan Bluetooth. Selain dengan Bluetooth, Anda yang ingin mentransfer data dengan lebih cepat dapat menggunakan aplikasi ShareIt yang dapat dipakai untuk seluruh ponsel Android dan PC dengan OS Windows.
Fitur Unggulan
File Browser, CamCard, CamScanner, Compass, Evernote, Flashlight, Google Pinyin, Kingsoft Office, News&Weather, Game HD, Wireless Display
Sebagai ponsel flagships, Lenovo juga membekali Vibe Z dengan beragam fitur serta aplikasi bawaan. Selain fitur berbasis gerakan atau gesture, Vibe Z juga dibekali dengan beragam sensor untuk mempermudah pengguna saat sedang dalam perjalanan. Dengan sensor magnet, pengguna dapat mengetahui arah dengan aplikasi kompas meski tidak sedang terhubung ke internet.

Berikutnya adalah aplikasi CamCard yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk membuat kartu nama virtual dan menyimpannya ke daftar kontak. Sementara dengan CamScanner, pengguna dapat memindai dokumen dengan menggunakan kamera belakang milik ponsel.

Beralih ke fitur olah dokumen, Anda dapat menggunakan Kingsoft Office dan Evernote. Lenovo juga melengkapi Vibe Z dengan Google Pinyin yang memungkinkan pengguna untuk mengetik karakter Mandarin dengan lebih mudah.
(sumber : Galing Kusumojati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment di sini...