Jumat, 10 Januari 2014

Samsung Galaxy Note Pro-Tab Pro, Serupa Tapi Tak Sama

http://images.detik.com/content/2014/01/10/317/tabpro.jpg(eno/detikINET)
Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2014, Samsung memamerkan duo tablet Android terbaru mereka, Galaxy Note Pro dan Galaxy Tab Pro. Sekilas produk ini sama, namun saat dijajal ternyata ada sedikit perbedaan.

Kedua perangkat tersebut sama-sama membidik pengguna profesional, yakni mereka yang membutuhkan tablet agar bisa dipakai untuk pekerjaan kantoran. Hal ini tampak sekali jika dilihat dari fitur dan ukuran yang ditawarkan. Apa saja itu?

Galaxy Note Pro

Saat menjajalnya di CES 2014, tablet ini memang terasa besar. Saking besarnya bahkan produk ini lebih pantas dipakai pada modus landscape dan digenggam dengan dua tangan. Untungnya ketebalannya hanya 7,9 mm.

Kualitas layarnya luar biasa, buat browsing, main game, atau streaming video hasilnya memang bagus. Wajar saja, karena resolusi produk ini mencapai 2560x1600 pixel dengan layar yang disebut Samsung Super clear LCD.



Secara desain, Galaxy Note Pro mirip dengan tablet Samsung lainnya. Hanya saja di bagian belakang dibuat bertekstur mirip kulit seperti yang ada pada Galaxy Note 3.

Soal tata letak dan tombol mirip dengan Galaxy Note 10.1. Dua tombol haptic dan tombol fisik di bagian depan, sedangkan sisi kiri dan kanan terdapat slot microSD, jack audio, dan speaker. Slot untuk stylus juga diletakkan di samping.

Dari sisi dapur pacu Galaxy Note Pro dipersenjatai dengan chip Qualcomm Snapdragon 800 dengan prosesor 4 inti berkecepatan 2,3 GHz dan RAM 3 GB. Sayang, karena keterbatasan waktu tak bisa menguji seberapa kencang produk ini.

Galaxy Note Pro ini mengusung interface seperti majalah yang Samsung sebut Magazine UX. Bentuknya kotak-kotak dan menampilkan beberapa informasi dari aplikasi yang ada. Mirip dengan yang ada pada Windows Phone, hanya saja yang ini lebih besar ukurannya.

Jika tak suka, pengguna juga bisa mengganti Home Screen tersebut dengan tampilan khas tablet Samsung.

Lalu karena dirancang untuk para profesional, maka Samsung coba meningkatkan fitur pendukung pengguna kantoran. Salah satunya kemampuan multitasking yang mampu menampilkan hingga 4 window tak seperti Galaxy Note 10.1 yang cuma mendukung 2 window.

Fungsi profesonal lain semakin dipertegas dengan hadirnya fitur Remote PC. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya mengenalikan Galaxy Note Pro melalui komputer, tapi sebelum itu aplikasi sejenis juga harus terinstal ada komputer atau Mac yang digunakan.


Tak ketinggalan di dalamya sudah ada premium subscription untuk menggunakan Cisco WebEx Meetings selama 6 bulan. Fungsi ini bisa dipakai untuk melakukan video conference dengan rekan kerja.

Selain Cisco WebEx Meetings, ada pula subscription untuk Bitcasa, Bloomberg Businessweek+, Blurb, Dropbox, Easilydo Pro. Kemudian ada pula aplikasi pre-loaded seperti Evernote, Hancom Office for Android, LinkedIn, LIVESPORT.TV, NY Times, Oxford Advanced Learners A-Z, dan Sketchbook Pro.

Galaxy Tab Pro

Baik dari desain ataupun ukuran, Galaxy Tab Pro sama dengan Galaxy Note Pro. Hanya saja Samsung menyediakan versi yang lebih mungil yakni 10,1 inch dan 8,4 inch.

Dari sisi interface juga sama, Galaxy Tab Pro menggunakan home screen Magazine UX yang di dalamnya juga sudah terdapat aplikasi pengguna kantoran seperti Evernote, Hancom Office for Android, LinkedIn, LIVESPORT.TV, NY Times, dan Oxford Advanced Learners A-Z.



Lalu apa yang membedakan keduanya? Yang pasti, Galaxy Tab Pro tidak memiliki stylus dan kemampuan S-Pen. Selain itu produk ini juga belum mendukung kemampuan multitasking 4 window seperti Galaxy Note Pro.

Soal dapur pacu produk ini juga mengandalkan chip Qualcomm Snapdragon 800 dengan prosesor 4 inti berkecepatan 2,3 GHz dan RAM 3 GB. Tidak disebutkan kapan pastinya kedua tablet anyar ini akan mulai dipasarkan, begitu juga soal ketersediaannya nanti.

[Sumber : inet.detik.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment di sini...