Jumat, 17 Januari 2014

Awas, Malware Tersembunyi di Flash Player

Screenshot.
Perusahaan sistem keamanan F-Secure mengingatkan para pengguna internet lebih berhati-hati dalam mengunduh piranti lunak Adobe Flash Player. Pasalnya, ada malware berbahaya yang tersembunyi di software pemutar animasi di web browser tersebut.

Berdsarkan keterangan dari peneliti F-Secure, penjahat siber telah menanamkan malware bernama Trojan.JS.Blacole.Gen pada sejumlah situs di seluruh dunia. Paling banyak situs yang terinfeksi malware berasal dari Jerman dengan persentase mencapai 40 persen dari situs di seluruh dunia. Para penjahat siber menanam malware dengan mencuri skrip bahasa pemrograman situs dan menuliskan kode-kode malware di dalamnya.

Peneliti mengatakan, sebagaimana dilansir Softpedia, Jumat (17/1/2014), ketika seseorang membuka situs yang tertanam malware di dalamnya, pengguna internet akan dialihkan ke situs yang meminta untuk melakukan unduhan Flash Player untuk mendapat akses ke situs yang dituju.

Di saat korban meng-klik tautan unduhan dengan tulisan Download Now, file bernama flashplayer.exe akan diunduh dari akun SkyDrive. Dan ketika pengguna membuka file unduhan tersebut, sistem operasi akan menampilkan box dengan tulisan "Installing latest Flash Player". Pada saat itulah malware berhasil menginfeksi komputer korban dan bisa menimbulkan berbagai kerusakan atau pencurian yang tak diinginkan.

Peneliti juga menambahkan, beberapa malware lainnya juga tersembunyi dalam akun SkyDrive dengan jenis yang berbeda-beda. Jadi hati-hatilah dalam mengunduh Flash Player dan meng-klik tautan unduhan.

[Sumber : okezone.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment di sini...