Kamis, 14 November 2013

Beberapa Tips dan Trik Penggunaan iOS 7

Hai Teman-Teman Asia Ponsel,
Asia Ponsel ingin memberikan Anda beberapa tips dan trik bagi pengguna iOS 7 agar lebih sedikit memahami penggunakannya. beberapa tips dan trik ini di ambil dari sumber lain yang kita rangkum menjadi satu.
Langsung kita lihat beberapa Tips dan Trik dari iOS 7 disini :



Increase Contrast di iOS 7
Increase Contrast di iOS 7

Kita bisa mengatur tingkat transparansi tampilan di iOS 7. Sebut saja Notification Center, Control Center, Lock Screen dan Dock, yang kesemuanya itu bisa kita atur warnanya.
Tidak sulit, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Akses Setting app
  2. Masuk ke General
  3. Pilih Accessibility
  4. Geser knop yang ada di dalam Increase Contrast
Sebagai informasi, jika kamu menyalakan fitur ini, maka tampilan transparan yang ada di iOS 7 akan dinon-aktifkan. Laman-laman yang saya sebutkan di atas sendiri, tidak akan merefleksikan warna wallpaper di belakangnya ketika kita mengakses lokasi-lokasi tersebut.
Hal menarik dengan mengaktifkan fitur ini adalah kita bisa menghemat daya baterai kita, serta mengurangi beban yang harus dijalankan oleh perangkat kita. Bagi kamu yang masih menggunakan ponsel-ponsel lama seperti iPhone 4, mengaktifkan fitur ini bisa jadi pilihan supaya perangkatmu tidak lemot.
Dan berikut ini kami hadirkan perbedaan ketika fitur ini diaktifkan dan tidak:



Lock Screen (kiri Off kanan On)
Lock Screen (kiri Off kanan On)
Notification Center (kiri Off kanan On)
Notification Center (kiri Off kanan On)
Dock (kiri Off kanan On)
Dock (kiri Off kanan On)
Control Center (kiri Off kanan On)
Control Center (kiri Off kanan On)

Nah, kamu yang tentukan, ingin mengaktifkan fitur ini atau tidak. Semoga bermanfaat.

2. Cara Mengubah Suara Siri Jadi “Pria Macho” di iOS 7

Suara Siri yang merdu merdu robotik pasti sudah biasa didengar, tapi bagaimana kalau suara Siri menjadi macho robotik? Nah, di iOS suara Siri bisa dipilih antara suara wanita atau pria.
Ganti Suara Siri Menjadi Jantan di iOS 7
Caranya mudah koq, buka Settings > General > Siri. Selanjutnya pilih Voice Gender yang diinginkan.
Gimana, apakah kamu menyukai suara Siri pria?

3. Cara Mengatasi iMessage Yang Tidak Kunjung Terkirim di iOS 7

iMessage
Sistem operasi mobile terbaru Apple, iOS 7, hadir dengan pemutakhiran dari segi desain dan penambahan fitur yang boleh dikatakan masif. Dan tentu saja, dengan segambrengperubahan dan penambahan tersebut, pasti ada saja satu atau dua layanan yang mengalami gangguan – meskipun minor.
Salah satunya iMessage. Disebutkan, banyak pengguna yang mengeluh bahwa kerap terjadi error terhadap layanan ini pasca mereka memutakhirkan sistem operasi ke iOS 7, khususnya iOS 7.0.2 yang beberapa waktu lalu hadir.
Jika masalah ini menimpamu, maka saran dari MacRumors ini perlu kamu simak; lakukan Reset Network Setting pada perangkatmu. Perlu diingat, setelah proses ini dijalankan, seluruh jaringan Wi-Fi yang sudah diingat oleh perangkatmu akan hilang terhapus.
Berikut langkah-langkahnya:
  1. Matikan iMessage (Settings > Messages
  2. Reset Network Settings (Settings > General > Reset > Reset Network SettingsiMessage
  3. Hidupkan kembali iMessage (Settings > MessagesiMessage
Proses gangguan terhadap iMessage sendiri cukup menjengkelkan. Alih-alih pesan berubah menjadi SMS saat iMessage gagal terkirim, pesan tersebut malah tertahan begitu saja tanpa terjadi proses apa-apa.
Semoga trik ini bisa menyelesaikan masalahmu.

4. Cara Mengusir Notifikasi Yang Muncul Tiba-Tiba di iOS 7

Pernahkah kamu merasa terganggu, ketika sedang bermain game atau membaca MM Reader tiba-tiba muncul notifikasi di bagian atas layarmu? Dan karena ini iOS 7, hal tersebut semakin menjadi-jadi karena ukuran notifikasi yang relatif lebih panjang ketimbang di iOS 6.
Di iOS 6, tidak sulit untuk mengusir pergi notifikasi tersebut jika ia muncul, tapi di iOS 7, bagaimana caranya?
Tidak sulit, kamu hanya perlu melakukan swipe ke ke arah atas tepat pada tempat di mana notifikasi tersebut muncul. Hal ini akan memicu notifikasi itu pergi dari hadapanmu sesegera mungkin, dan tidak perlu menunggu beberapa detik hingga notifikasi itu hilang dengan sendirinya.
Hal ini tentu saja bakal mempermudah kamu menghalau notifikasi yang muncul tibat-tiba dan mengganggu aktivitasmu dengan perangkat iOS.
5. Mengenal FaceTime Audio, Fitur Telepon Gratis di iOS 7
Telepon Tua via Credit Management Association
Saya selalu beranggapan jika Apple ingin membunuh SMS dengan memperkenalkan iMessage di iOS 5, 2 tahun yang lalu. Dan kini, anggapan serupa kembali menghampiri saya.
Dengan menghadirkan FaceTime Audio di iOS 7, Apple sepertinya sedang berusaha untuk membunuh teknologi panggilan telepon konvensional.
Memang jika kita tilik lebih dalam, panggilan telepon merupakan salah satu teknologi yang cukup tua untuk sekarang ini. Esensinya sama sekali tidak berubah, tetap sama dengan saat ketika Alexander Graham Bell menemukannya – hanya medianya saja yang berubah.
Dan pada artikel ini, kami akan membahas apa itu FaceTime Audio sekaligus cara menggunakannya.

Apa Itu FaceTime Audio

FaceTime audio
Steve Jobs pertama kali memperkenalkan FaceTime di iOS 4 dan menggadang-gadang, fitur tersebut akan membuat kita serasa berada di dunia Star Trek. Bicara sambil bertatap muka, namun dengan kemudahan yang amat mumpuni.
Seiring berjalannya waktu, FaceTime pun berevolusi. Alih-alih menghadirkan teknik komunikasi dua arah dengan teknologi hologram, Apple malah memperkenalkan FaceTime tanpa perlu tatap muka atau melihat lawan bicara kita.
Dari sudut pandang harafiah, mungkin ini adalah sebuah kemunduran; fitur sebelumnya menghadirkan kecanggihan karena bisa bertatap muka dengan sangat mudahnya. Namun dari sudut pandang fungsional, FaceTime audio sangat menjanjikan.
Layaknya telepon, kita bisa berkomunikasi dengan lawan bicara kita tanpa perlu melihat mereka, namun dengan kualitas suara yang jernih. Fitur ini sendiri membuat iPod touch saya sekilas mirip dengan iPhone – bisa “telepon.”
Tipikal Apple, tidak sulit untuk menggunakan fitur ini. Langkah-langkah yang perlu dilakukan, identik dengan langkah-langkah ketika ingin melakukan panggilan telepon.
Rasanya tidak berlebihan jika saya merasa Apple ingin membunuh panggilan telepon dengan FaceTime audio.

Bagaimana Cara Menggunakan FaceTime Audio?

Mudah, apalagi, setelah FaceTime hadir sebagai aplikasi mandiri di iPhone dan iPod touch.
Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Akses FaceTime app FaceTime audio
  2. Pilih teman yang ada di Contacts/Recents/Favorites FaceTime audio
  3. Di section FaceTime, tap pada logo telepon FaceTime audio
  4. Tunggu hingga temanmu mengangkat FaceTime audio
Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat sebelum melakukan FaceTime audio:
  1. Pastikan temanmu menggunakan perangkat iOS minimal iPhone 4, iPad 2 dan iPod touch 5th Gen, dan menjalankan iOS 7.
  2. Login dengan AppleID milikmu jika kamu belum melakukannya.
  3. Jika kamu menggunakan iPhone 4, pastikan kamu terhubung dengan koneksi Wi-Fi.
  4. Cek kuota seluler sebelum melakukan FaceTime audio, jika kamu menggunakan iPhone 4s ke atas (FaceTime Over Cellular).
  5. Supaya kualitas FaceTime audio makin memuaskan, pastikan koneksi internetmu itu mencukupi.
Buat sekarang, FaceTime audio mungkin bisa jadi alternatif melakukan panggilan telepon di saat kamu kehabisan pulsa, tapi di masa depan, ada kemungkinan FaceTime audio bakal menggeser telepon. Kapan? Belum tahu.

Apa Kekurangan FaceTime audio?

FaceTime audio
Bagi para pengguna iPhone 4, tentu saja koneksi Wi-Fi. Hal tersebut membatasi kita dalam memanfaatkan fitur FaceTime secara optimal.
Dan bagi perangkat yang sudah mendukung FaceTime Over Cellular, kecepatan internet adalah kendala. FaceTime audio sangat bergantung kepada koneksi internet, jadi, jika kecepatan internetmu kurang gesit, hal tersebut bakal mengganggu pengalaman kita dengan FaceTime audio.

6. Atur dan Awasi Aplikasi Yang Menggunakan Data Seluler di iOS 7

Data Celluler iOS 7
Semakin cepatnya akses 3G yang disediakan operator seluler, penggunaan data seluler akan semakin boros. Jangan sampai kuota paket data kamu habis karena digunakan oleh aplikasi tertentu yang tidak kamu ketahui. Di iOS 7, kamu bisa melihat jumlah penggunaan data seluler peraplikasi.
Untuk melihatnya masuk ke Settings > Cellular. Di bagian bawah akan ada grup “Use Celullar Data for” yang berisi nama aplikasi dan jumlah penggunaan data seluler yang sudah dipakai.
Dengan mematikan akses penggunaan koneksi data seluler, artinya aplikasi tersebut hanya bisa mengambil data apabila perangkatmu ketika terhubung ke Wi-Fi.
Opsi pengaturan dan penampilan jumlah data yang dipakai bisa menjadi tolak ukur aplikasi mana saja yang boros bandwidth supaya hanya memakai koneksi Wi-Fi.
Di Bagian bawah ada juga data System Services, yang berisi detail penggunaan data selular yang dipakai oleh iOS, seperti Siri, iMessages, Sync dokumen.
Supaya paket data kamu terkontrol reset statistiknya setiap kali kamu memperpanjang langganan paket data.

7. Tips Supaya Baterai iPhone dan iPad Lebih Hemat di iOS 7

iOS 7
iOS 7 saat ini memang masih beta, tapi ia sudah mencetak sejarah dengan menjadi versi beta iOS dengan tingkat adopsi tertinggi. Karena masih beta, masalah-masalah yang kerap terjadi sebenarnya wajar saja. Salah satunya adalah masalah borosnya baterai.
Seorang anggota forum MacRumors sendiri menuliskan tips terbaik supaya iOS 7 tetap hemat baterai, dan juga situs ExtremeTech, menghadirkan bagaimana caranya mengurangi lag (ngadat) pada perangkat iOS 7. Dan berikut ini langkah-langkahnya.
  1. Turunkan Brightness
    Perangkatmu tidak perlu terlalu terang, redupkan saja cahayanya supaya bateraimu lebih awet. Manfaatkan Control Center buat mengurangi pencahayaan di perangkatmu. Turunkan Brightness
  2. Sign Out Dari Layanan Yang Tidak Terpakai
    Jarang menggunakan layanan-layanan yang kami hadirkan di bawah ini? Lebih baik sign out supaya bateraimu awet.
    iCloudiTunesApp StoreiMessage
    HomesharingFacebookTwitterVimeo
    FlickrFind My FriendsFind My iPhone
    Matikan Layanan Yang Jarang Pakai
  3. Matikan System Services di Location Services
    Bisa di akses melalui Settings > Privacy > Location Services > System Services. Yang harus dimatikan adalah:
    Location-Based iAdsPopular Near MeTraffic
    Frequent Locations WiFi Networking
    Matikan Location Services
  4. Matikan Bluetooth dan Beralih ke Airplane Mode
    Secara bawaan, Bluetooth pada iOS 7 selalu menyala, jadi pastikan gunakan jika memang sedang diperlukan. Dan jika kamu sedang memainkan game offline, pastikan mode pesawat atau Airplane Mode sedang dalam kondisi aktif. Pastikan juga untuk menon-aktifkan WiFi mu di tempat non-WiFi. Matikan Bluetooth
  5. Matikan efek Parallax
    Memang salah satu kelebihan iOS 7 ada di hal yang satu ini, tapi fitur ini benar-benar membuat bateraimu cepat habis. Akses Settings > General > Accessibility > Reduce Motion > Off On untuk mematikannya. Matikan Efek Parallax
  6. Matikan Background App Refresh
    Fitur ini akan memutakhirkan data ketika aplikasi tidak aktif/berjalan. Walaupun terdengar berguna, tapi jika dimatikanpun tidak akan terlalu mengganggu kenyamanan multitasking iOS 7. Lagipula, datanya akan diupdate kembali ketika aplikasinya aktif. Background App Refresh ada di Settings > General > Background App RefreshMatikan Background App Refresh
  7. Matikan Spotlight
    Spotlight memerlukan proses yang cukup menguras baterai apabila perangkatmu memiliki data yang sangat banyak, lebih-lebih, jika kamu jarang menggunakannya. Matikan saja. Matikan Spotlight
  8. Matikan Raise to Speak pada Siri
    Pilih mana, gaya atau baterai yang hemat? Saya pilih yang kedua. Fitur ini memungkinkan kita buat mengakses Siri dengan hanya menyendengkan telepon ke arah telinga kita saja. Keren memang, tapi menguras baterai. Matikan Raise to Speak pada Siri
Semoga baterai iOS 7 kamu kembali menjadi hemat dengan tips ini.
Sekian beberapa Tips dan Trik di iOS 7, semoga dapat membantu Anda dalam menggunakan perangkat Apple yang lebih baik.
Asia Ponsel (Termurah & Terlengkap)
Trust and Commitment

[Sumber : makemac.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment di sini...