Selasa, 05 Februari 2013

Facebook Bikin Aplikasi Pelacak Lokasi



Keseriusan Facebook menggarap ranah mobile terlihat dari sejumlah aplikasi baru yang dikembangkannya. Baru-baru ini, raksasa jejaring sosial itu mengembangkan aplikasi smartphone yang bisa melacak lokasi pengguna.

Berdasarkan sumber internal Facebook yang menolak disebut namanya, aplikasi ini dijadwalkan rilis pada pertengahan Maret. Adapun fungsinya, untuk membantu pengguna menemukan teman yang lokasinya terdekat dengan mereka.

"Aplikasi ini nantinya akan berjalan bahkan ketika program tidak dibuka di handset," ujar sumber tersebut seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (5/2/2013).

Seperti diketahui, Facebook kini semakin rajin menambahkan fitur di Facebook mobile. Ini
dilakukannya untuk mendongkrak keuntungan dari banyaknya pengguna Facebook yang mengakses situsnya dari perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Aplikasi pelacak lokasi ini sendiri akan membantu Facebook menjual iklan berdasarkan lokasi dan kebiasaan sehari-hari mereka.

Tapi Facebook harus pintar-pintar meyakinkan regulator bahwa aplikasinya ini aman. Karena berhubungan dengan privasi, kemungkinan besar akan ada kritikan terhadap aplikasinya.

Seperti diketahui, regulator di Amerika Serikat dan Eropa sebelumnya sudah 'menjewer' Facebook berkaitan dengan masalah privasi. Facebook dinilai tidak cukup pandai menyimpan data pengguna tetap private.

Facebook tak sendiri. Apple dan Google pun punya tool serupa yang bisa melacak keberadaan pengguna layanannya. Keduanya pun kerap berurusan dengan regulator.

Derick Mains, juru bicara Facebook yang dimintai konfirmasi mengenai laporan ini, menolak berkomentar.

[sumber : inet.detik.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment di sini...