Selasa, 22 Januari 2013

BlackBerry 10 Boleh Dipakai Produsen Ponsel Lain?

Tiga pilar andalan BlackBerry 10

R
esearch In Motion (RIM) kembali mempertimbangkan untuk melakukan aliansi strategis dengan perusahaan teknologi lain, yang bisa mengarah pada pemberian lisensi sistem operasi BlackBerry 10 dan pembuatan ponsel BlackBerry oleh perusahaan lain.

Hal ini kembali diungkapkan oleh CEO RIM Thorsten Heins. Kabar ini akan menjadi jelas setelah RIM resmi merilis sistem operasi BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013.

"Yang paling utama untuk saat ini adalah kami ingin berhasil memperkenalkan BlackBerry 10. Kita akan lihat di kemudian hari," kata Heins kepada harian Die Welt asal Jerman, seperti dikutip dari
Reuters, Selasa (22/3/2013).

Jika benar lisensi BlackBerry 10 akan dijual, maka sistem operasi BlackBerry dan layanan BlackBerry Messenger (BBM) tidak lagi eksklusif digunakan oleh ponsel buatan RIM saja.

BlackBerry 10 bisa disebut sebagai proyek masa depan RIM untuk mengembalikan kejayaannya dalam bisnis ponsel pintar global, yang belakangan ini didominasi oleh Apple dengan iPhone dan Google dengan Android.

BlackBerry 10 mengalami perubahan signifikan dibandingkan sistem operasi BlackBerry sebelumnya. Tampilan lebih bagus dan performa lebuh mulus.

Sistem operasi BlackBerry 10 dibangun di atas inti program (kernel) QNX. Kernel ini juga digunakan dalam industri otomotif, pembangkit nuklir dan pesawat militer. RIM telah mengakuisisi QNX Software Systems yang dibeli dari Harman International Industries Inc. sebesar 200 juta dollar AS pada 2010 lalu.

Setelah BlackBerry 10 dirilis, pada tahap awal RIM akan memasarkan dua ponsel BlackBerry model layar sentuh penuh dan yang memakai papan ketik format QWERTY. Perusahaan Kanada ini berjanji untuk menjual ponsel BlackBerry 10 mulai dari harga murah hingga yang mahal.

[sumber : kompas.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment di sini...